Sabtu, 22 Desember 2012

Selamat hari ibu, bu♥

Mempertaruhkan nyawa demi menyelamatkan nyawa yang dikandungnya selama 9bulan 10hari, siapa yang berani melakukan itu selain ibu? Rela kesakitan ketika sang buah hati yang berada di dalam perutnya meronta kecil ingin segera lahir ke dunia. Rebah sujudku mengiba baikmu. Melipat telapak tangan dan menengadah mengemis do'a yang berharp dikabulkan. Kuingin bahagia temanimu; jauhkan dari luka yang coba mengecupmu. Satu do'a kupanjatkan. Mengiba bahagia setia mengaliri mata airmu, dan membasuh kering air matamu. Yang terbaik dan terindah, kuiba dalam do'a untuk bahagiamu; detik ini dan nanti. Tersenyumlah dan teruslah menimang kasih sayang untukku, bersamaku. Jika tuhan mendengar do'a ibu yang selalu meminta kebaikan dan kebahagiaan untukku. Apakah do'a ku juga akan di dengar oleh Tuhan? 14 tahun yang lalu di bulan mei, tanggal 1, tahun 1998, hari jum'at... kau menjerit, meronta, berteriak, berusaha mengeluarkan kepala mungilku, berjam-jam kau taruhkan nyawamu demi aku, buah hatimu. Kau tersenyum dan menitikan air mata bahagia ketika sadar bahwa aku sedang menangis dipangkuan dokter. Peluhmu berguguran. Air matamu membanjiri sepasang bola matamu. Kau mengajarkanku mengeja kata 'ibu' lalu 'bapak'. Betapa beruntungnya aku. Ditubuhku tersimpan banyak liter air asi kasih sayang yang kau berikan secara cuma-cuma untukku. "Kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi tak harap kembali; bagai sang surya menyinari dunia" seuntai kalimat dalam sebuah lagu, semakin membuat aku yakin bahwa kasih sayang seorang ibu itu bagaikan lingkaran, tidak ada awal dan akhir; juga garis yang terputus. Memberi kasih sayang dengan tulus tanpa menginginkan balasan apapun. Aku ingin bertanya kepada orang yang tidak pernah mendo'akan ibunya, apa kalian tidak sadar? ibu adalah orang yang selalu berdo'a untuk kita bahkan sebelum kita lahir di dunia. Aku merasakan hatiku tersayat ketika mendapati ibu sedang menitikan air mata, aku ingin menghapus air matanya namun aku tidak tahu air mata apakah itu? air mata kebahagiaan atau air mata kekecewaan? Maaf jika aku membuatmu marah, jengkel, kecewa bahkan menangis. Aku tidak bermaksud membuatmu seperti ini, aku hanya (belum) tahu caranya membuatmu tersenyum bahagia. Diantara lipatan telapak tangan aku memanjatkan do'a kepada Tuhan "Ya allah, kau pemilik alam semesta beserta isinya. Kau pemurah, penyayang dan juga pemaaf. Tolong dengar do'a ku seperti kau mendengar do'a ibuku; aku ingin kau menjaganya di siang dan malammu, aku ingin kau menjaganya di tidur dan sadarnya. Tolong bahagiakan ia seperti kau bahagiakan umat yang kau sayang. Berikan umur panjang untuknya, kalau perlu, berikan sisa usiaku untuknya di esok nanti. Jadikan ibuku seorang muslimah yang taat agama dan dijauhkan dari hal-hal yang dapat menjauhkannya dari surga sana. Terimakasih ya Allah, aku harap kau mendengar do'aku. Amin." Aku ingin sepasang matanya yang bening itu dapat menyaksikanku ketika aku sudah menjadi orang berhasil suatu saat nanti. "IBU" satu kata, 3 huruf, beribu cinta dan kasih sayang. Apa kau bisa definisikan apa itu ibu? Masih ku ingat dengan jelas kata-katamu hari itu "Kalau kamu bahagia, ibu juga bahagia dan sebaliknya pun begitu. Kalau kamu sakit, ibu akan lebih sakit. Jadi, jangan buat diri kamu sendiri sakit." Oh tuhan, mengapa kau ciptakan malaikat tanpa sayap berhati mulia dan berwujud sosok ibu? aku takut kehilangannya! Jangan buat ia jauh dariku. Ibu, maafkan aku yang selalu membuatmu kecewa dalam setiap hal. Kau ibu yang memiliki banyak tokoh, kau bisa menjadi teman curhat, menjadi sahabat, menjadi ibu, menjadi orang yang paling spesial dan kau menjadi segalagalanya. Untuk bahagiamu, aku bisa apa? Aku hanya bisa menjanjikan kebahagiaanmu nanti. Ibu...... Terimakasih untuk semuanya, untuk pengalaman hidup, untuk bekal kehidupanku nanti, dan semua hal yang baik. Maaf aku belum bisa membuatmu bahagia.













SELAMAT HARI IBU, BU...
MAAF BELUM BISA JADI APA YANG IBU MINTA
TERIMAKASIH UNTUK SEGALA-GALANYA
HAWA GAK BERANI BILANG LANGSUNG, MALU... HAWA BANYAK SALAH SAMA IBU:')


With a big love:)
       Hawa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar